Monday, May 09, 2005

ALAMAK...!!!

Satu kata yang merupakan suatu asimilai yang berarti “allah”-nya “emak”. Kata yang begitu populer di tahun 60-an ini berasal dari bahasa Melayu. Ketika orang mengucapkan “ALAMAK…!!!”, biasanya ini berarti semacam ungkapan keterkejutan akan sesuatu.
Suatu hari, saya berjalan ke sebuah toko buku terkenal di Jakarta. Sesampainya di sana, saya langsung menuju jejeran rak buku yang memuat banyak buku – buku yang mengusung nama fakultas sya, yaitu Psikologi. Setelah puas melihat serta membahas bersama dengan seorang teman baik, kami pun berpindah tempat untuk memuaskan keinginan teman saya mencari rak – rak buku yang berisi karya – karya sastra.
Hmmm….mulailah pencarian kami. Awalnya kami begitu kecewa ketika mengira di toko buku yang terkenal itu tidak kami temukan satu pun karya – karya penulis favorit, yaitu Seno Gumira Ajidarma. Tapi sekelebat, gembiralah hati kami, dari kejauhan melihat sebuah papan tergantung bertuliskan “SASTRA”.
Langsung saja kami bergegas menuju rak buku. Ketika sesampainya di san, saya melihat ada buku – buku karya salah satu penulis favorit saya, Fira Basuki. Dari sekumpulan bukunya, ada satu buku yang menarik perhatian saya. Buku yang tidak terlalu tebal dengan cover gambar sebuah stilleto modis, berjudul “ALAMAK!”
Judul yang begitu singkat itu begitu memikat saya untuk membacanya. Langsung saja saya ambil dan melihat apaka harga sesuai dengan isi kocek saya. Fiuhh..ternyata isi kocek pun mendukung.sehinghga tanpa ragu, saya langsung mengambil dan menunggu teman saya memilih buku yang ingin dibelinya.
Sesampainya di rumah, langsung saja saya buka segel dengan penuh semangat. Saya sudah membayangkan bahwa pasti isi buku ini seperti karya- karay Fira sebelumnya, yang menggambarkan sesuatu lewat hal – hal yang indah tidak seperti penulis favorit teman saya, SGA, yang pesimistis.
Di awal cerita, saya masih menangkap kesan awal say. Tapi…ketika masuk di cerita – cerita selanjutnya, saya benar – benar TERKEJUT..!!!
ALAMAK..!!!Fira berubah drastis! Tapi sungguh amat mendalam rasanya. Dengan gaya baru, dia mengungkap berbagai realita dengan gamblang. Alamak..!!! Ini sungguh karya yang mengagumkan. Dan saya tidak akan pernah menyesal telah membeli buku ini…

1 comment:

----- said...

kekasih jiwaku itu namanya Seno Gumira Ajidarma!!!