Friday, January 17, 2014

Cerita Pak Agus


“Ahh... ibu salah tuh..”

“Ah, gak papa. Kan ada Ayah yang betulin”

“Nahhh.. sekarang ayah tuh yang salah.”

“Iyaa, gak papa nak.. Kan bisa tanya ibu. Biar ibu yang betulin yaah..”

 

Dalam sebuah perbincangan dengan Pak Agus, seorang rekan kerja satu tim dengan saya, seperti biasa sebuah hal yang sederhana kalau diobrolin bareng Pak Agus selalu berujung dengan penuh makna.

Sore ini, obrolan dengan Pak Agus tentang beberapa pengalaman berumah tangga bersama Ibu Rina, istrinya. Berikut ini petikannya,

“Tau gak. Dulu tuh gue sering banget bikin ide gila, biar gue gak gitu repot pas lagi punya anak bayi.”

“Gimana Pak ceritanya?”

“Elo tau kan, kalau keluarga baru aja dikaruniain anak tuh repot banget. Dan yang paling repot itu adalah bagadang ngurusin anak. Elo tau kan anak kecil tuh kalau baru lahir biasanya malem suka minta minum, rewel lah gak bisa tidur. Eh ada nih, dosa yang gue lakukan yang sampai sekarang Bu Rina gak tau. Wuah, kalau gue sampai ngaku, bisa dijewer deh gue.”

“Wuaahh, apa tuh pak?”

“Iyaa.. anak kecil kan kadang suka bangun yah kalau lagi malem. Nah, kadang ibu-ibu tuh gak mau ngerti. Kalau malem pokoknya tugasnya Ayah deh jaga. Gitu kata istri gue. Padahal kan kita juga seharian kerja di kantor. Badan capek, besoknya masih harus berangkat pagi. Kan puyeng yah kalau harus begadangan ngurusin anak.”

“Trus.. truss..”

“Iyaaa, kadang tuh dulu sewaktu anak gue masih kecil. Kalau mereka nangis, Bu Rina kan suka bilang, Ayah tolong diurusin anaknya. Nah, yah gue lakuin aja. Soalnya pamali nolak permintaan istri.”

“Haa.. emang bisa kualat pak?”

“Bukan… pamali. Bisa bikin berantem. Hahahahaha”

“Iyaa.. iyaaa.. bener juga.. Terus.. terus.. ??”

“Nah, kalau anak gue bangun, ibunya kan pasti, Ayah anaknya kenapa tuh?!?”

“Kalau udah gitu, gue yah bangun. Gendong tuh anak gue. Tapi kan gue ngantuk yah. Besok pagi juga musti ngantor. Nah, kalau udah gitu, kalau gue udah gak kuat bgt. Gendongan anak gue bikin gak nyaman tuh. Nah nangis kan tuh anak. Terus Bu Rina pasti bangun deh. Tanya anaknya kenapa nangis. Yah gue jawab aja, Mungkin maunya sama ibunya.  (",) Jadi deh anaknya di take care Bu Rina. Hahahaha”

“Hahaha... bisa jadi, bisa jadi.. ada aja loe pak idenya.”

“Ya laahh gue... Nah kadang kalo dah gitu, gue kasihan juga sama istri yah.. dia mungkin seharian juga sama lelahnya kayak gue. Ngurus anak kan gak gampang juga. Kalu gue masih ada tenaga, gue bilang sam Bu Rina..”

“Ibu, capek yah ngurus Pradipta seharian? Yaudah, Ibu istirahat aja yaah. Minum asinya sudah selesai kan. Ayah yang nunggui Pradipta sampai tidur lagi. Sana, Ibu istirahat yaah..”

“Wuaah.. So sweet banget, Pak.”

“Nah kan.. Kalau sudah gitu pasti jadi saling ngerti. Dan Bu Rina juga jadi merasakan cinta nya saya sama Dia.”

“Caelaaahhh.. bahasa elo pak..”

“Nikah itu, kudunya harus penuh cinta, Des.. Cinta itu, gimana caranya kita terus punya ide dan akal supaya pasangan kita ngerasa kita selalu sama mereka. Walaupun dalam keadaan yang sulit. Pernikahan gue sama Bu Rina sampai 20 tahun yah karena gue cinta sama dia dan gimana pun juga komitmen bahwa seburuk apapun kondisi kita sebagai keluarga, harus tetap saling cinta..”

“Kalau pun kita lagi capek, gimana caranya beride supaya kita tetap menunjukkan cinta kita sama pasangan kita, bahwa dia yang paling penting dalam hidup kita.”

“Iya pak.. seru dengar cerita elo tentang keluarga. Semoga gue bisa segera merealisasikan pelajaran-pelajaran dari sharing elo yah.. Gue udah pengen punya keluarga sendiri, Pak..”
“Iya Des.. Jodoh itu emang di tangan Tuhan. Tergantung kapan kita mau ngambilnya. J Tetap percaya Tuhan sudah siapkan jodoh terbaik untuk kamu yah Des. Jangan pernah berhenti berharap yah..“
"Amin.. Semoga gue segera menemukan cinta itu.."









No comments: